Solusi Rambut Sehat Anti Rontok dengan 11 Herbal Mujarab

Sedang punya masalah kerontokan rambut? Mau coba-coba produk tapi masih ragu dan cemas dengan efek sampingnya? Banyak metode yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kerontokan rambut hanya dari bahan-bahan alami yang mudah dijumpai dan sangat sederhana pengolahannya. Jenis-jenis tanaman tertentu akan berkhasiat mengatasi dan mencegah kerontokan rambut. Mau tahu apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

Daun Urang-aring

Ya. Namanya mungkin kerap Anda dengar sebagai bahan khusus dari shampo yang cukup populer. Tapi sebenarnya bagaimana sih wujud asli urang-aring itu? Tanaman ini termasuk golongan rerumputan yang sering tumbuh liar di pinggir ladang atau sungai. Khasiatnya memang sangat efektif untuk menumbuhkan rambut.

Ambil satu genggam daun urang-aring, cuci sampai bersih kemudian ditumbuk atau digiling sampai lembut. Selama ditumbuk, tuangkan dua gelas air matang dalam wadah. Setelah itu saringlah air tumbukan urang-aring itu lalu simpan semalaman di luar rumah. Keesokan harinya bisa dipakai sebagai ramuan yang dioleskan secara lembut dan merata di kulit kepala dan rambut sambil dipijit-pijit. Oh ya, lakukanlah seusai mandi.

Pisang

Yang kita gunakan bukanlah buahnya. Cukup mengambil sekerat batang pisang, peras hingga airnya keluar dan tuangkan ke satu wadah. Kalau mau tak ingin repot, lubangi saja potongan batang pisang itu kira-kira sampai 18 cm. Air yang keluar dari batang tadi dioleskan ke seluruh permukaan kulit kepala, kemudian bungkus dengan handuk kering. Tunggu sampai semalaman dan keesokan harinya baru keramas.

Mangkokan

Tanaman ini kerap tumbuh liar di kawasan tepian sungai yang bersuhu panas. Kadang malah dengan sengaja dibiarkan sebagai pagar hidup di beberapa kawasan hunian. Kerontokan rambut bisa ditangani dengan mengolah daun tanaman ini menjadi ramuan herbal yang manjur. Caranya, ambil segenggam daun tanaman ini lalu tumbuk sampai halus. Campurkan bersama dua gelas air matang dan peras ke sebuah wadah. Oleskan air perasan itu ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut sampai merata.

Klerak

Tanaman ini juga sangat manjur dalam mengatasi masalah kerontokan rambut. Sayangnya, jenis tanaman ini hanya bisa dijumpai di hutan belantara. Yang digunakan sebagai bahan ramuan herbal adalah biji tanaman ini. Kumpulkan kira-kira 12 biji klerak, lalu masukkan ke dalam air panas. Rendam sampai airnya menjadi dingin. Nah, air rendaman itulah yang dioleskan ke bagian kulit kepala yang puna masalah kerontokan rambut.

Resep ramuan Klerak anti kerontokan rambut

Kacang Panjang

Rambut yang sering rontok berpotensi kebotakan. Maka dari itu, Anda bisa mengolah ramuan dari daun kacang panjang sebagai solusi herbal yang mujarab. Tanaman ini mengandung Vitamin B1, B2, C, belerang, magnesium, kalsium, besi, fosfor, dan zat protein. Cara membuat ramuannya ialah dengan mengambil segenggam daun kacang panjang dan menumbuknya hingga halus. Tambahkan dua sendok makan minyak kastor ke dalam tumbukan itu lalu remas-remas. Gunakanlah air hasil perasan itu untuk dioleskan ke seluruh permukaan kulit kepala. Disarankan mengoleskannya setelah mandi di sore atau malam hari, lalu bungkus dengan handuk kering dan tunggu sampai semalaman.

Teh

Di dalam daun teh ada kandungan Samak yang berkhasiat menumbuhkan rambut. Cara membuat ramuan herbal untuk mengatasi kerontokan rambut dengan daun teh pun lebih mudah. Siapkan saja satu mangkok air teh yang kental. Biarkan semalaman di luar rumah, lalu baru gunakan pada sore di hari berikutnya. Gunakan sebagai larutan untuk membasuhi kulit kepala sembari dipijat-pijat. Setelah itu, bungkuslah dengan handuk kering sampai keesokan harinya.

Nyamplung

Tanaman ini kadang kita jumpai di pinggiran pantai dan sungai. Buahnya berukuran seperti kelereng dengan tempurun yang agak keras. Nah, yang kita pakai adalah bijinya. Berbentuk kecil, warna kecoklatan, tebal, keras, dan bulat. Ambil saja segenggam biji-biji nyamplung lalu keringkan sekitar satu hari di luar rumah sampai keluar minyaknya. Minyak itulah yang digunakan sebagai bahan olesan penyembuh kerontokan rambut.

Resep ramuan nyamplung anti kerontokan rambut

Kelapa Hijau

Kalau kebetulan punya pohon kelapa hijau atau menjumpainya di pasar, Anda bisa mencoba ramuan herbal penyembuh kerontokan rambut. Kupaslah kulit kelapa ini dan lubangi secukupnya. Ambil satu sendok makan garam dan tuangkan ke dalam melalui lubang tadi. Tinggalkan saja di luar rumah dan tunggu semalaman sampai mengembun. Keesokan harinya, pakai air kelapa itu sebagai ramuan yang dioleskan merata ke seluruh permukaan kulit kepala.

Bayam

Satu lagi resep manjur yang murah meriah untuk mengatasi kerontokan rambut. Daun bayam diolah dengan cara digiling sampai benar-benar lembut, dicampurkan bersama satu sendok makan madu dan setengah gelas air matang. Saring air perasan tersebut dan minumlah tiga kali sehari dengan takaran setengah cangkir kecil. Kandungan Vitamin A, B1, C, besi, lemak, fosfor, protein, dan kalium akan menjadi solusi manjur mengatasi kerontokan rambut.

Lidah Buaya

Ramuan herbal yang sudah sangat terkenal ini diolah dengan metode sederhana. Ambil sehelai daun lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya. Lalu oleskan cairan dari dalam daun itu ke seluruh permukaan kulit dan rambut. Lakukan sebelum tidur di malam hari, baru kemudian keramas keesokan harinya.

Bawang Merah

Bahan masakan ini ternyata cukup ajaib juga karena juga berkhasiat menyembuhkan kerontokan rambut. Caranya juga sangat gampang. Ambil beberapa bawang merah dan kupas kulitnya. Langsung oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Bisa dilakukan dengan rutin setiap minggu 2 atau 3 kali.

 

Solusi kerontokan rambut sangat mudah dilakukan dengan menggunakan tanaman-tanaman di sekitar kita. Anda bisa memilih daun urang-aring, pisang, mangkokan, klerak, kacang panjang, teh, nyamplung, kelapa hijau, bayam, lidah buaya, atau bawang merah dengan masing-masing metode yang mudah. Mau solusi instan yang efeknya mampu bertahan hingga tahunan? Gunakan Alia Oil minyak kemiri murni 100% asli organik secara rutin. Dijamin!