Punya Masalah Rambut Rontok? Anda Butuh 9 Vitamin Ini

Habis mandi, tampilan sudah oke, pakai baju keren dan minyak wangian. Tibalah saatnya menyisir rambut. Tapi apa itu di sisir? Kok ada rambut-rambut yang menempel? Wah, berarti masih ada yang kurang. Rambut rontok adalah petaka bagi Anda yang ingin tampil rapi dan keren baik itu cowok atau cewek. Jangan panik dulu. Besar kemungkinannya Anda sedang mengalami kekurangan vitamin. Sembilan vitamin di bawah ini sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

Vitamin A

Dianjurkan karena punya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meremajakan warna dan tekstur rambut. Kurangnya asupan Vitamin A menjadi penyebab kerontokan rambut dengan gejala rambut yang cepat kering dan rapuh. Namun kebanyakan konsumsi Vitamin A pun bisa menimbulkan gejala kerontokan rambut. Nah, ada batasan dosis yang diberlakukan, misalnya bagi mereka yang sudah berusia 19 tahun, maksimal 10.000 IU tiap hari. Berhubung repot juga kalau harus memeriksa dosis vitamin, yang disarankan ialah berkonsultasi pada dokter.

Vitamin B3 (Niasin)

Suburnya rambut Anda dipengaruhi pula oleh asupan Niasin dalam tubuh. Efek bagus dari konsumsi Niasin dalam tubuh ini adalah dilatasi kapiler dan pembuluh darah. Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh yang memicu regenerasi sel-sel termasuk di kulit kepala.

Vitamin B5

alia vitamin b5 untuk rambut rontok
Dari salah satu riset di Huntington College of Health Sciences, salah satu gejala kekurangan Vitamin B5 adalah kerontokan rambut. Disebabkan fungsi utama vitamin ini dalam proses metabolisme tubuh yaitu mengubah semua makanan yang dikonsumsi menjadi energi bagi regenerasi sel.

Vitamin B7 (Biotin)

Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan bahwa tektsur, kekuatan, dan kualitas keindahan rambut ternyata dipengaruhi oleh asupan Biotin dalam tubuh. Sebab itulah jenis vitamin ini kerap dimasukkan untuk produk penyembuh kerontokan rambut.

Vitamin B9 (Asam Folat)

Fungsi sel-sel dan jaringannya di dalam tubuh terbantu oleh asupan Asam Folat yang mencukupi. Dengan kata lain, resiko kerontokan dan penuaan dini bisa dicegah dengan konsumsi vitamin ini. Pertumbuhan rambut juga akan lebih merata alami.

Vitamin B12

Kurangnya Vitamin B12 selain menimbulkan kerontokan rambut juga penuaan dini. Gejalanya adalah rambut beruban dan pertumbuhan yang lambat. Asupan Vitamin B12 yang cukup akan menjamin pembentukan sel-sel darah merah dan DNA melalui sirkulasi oksigen yang lancar ke seluruh bagian tubuh.

Vitamin C

Vitamin C akan memacu sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Hasilnya adalah pertumbuhan rambut yang kuat sekaligus mencegah dari risiko kering, bercabang, hingga rontok. Kalau ujung-ujung rambut Anda ada yang bercabang, berarti sedang kekurangan Vitamin C. Anjuran harian normal untuk Vitamin C sebesar 75 mg bagi wanita dan 90 mg bagi pria.

Vitamin D

Asupan Vitamin D yang cukup bakal mencegah atau mengatasi masalah kerontokan rambut. Berdasarkan hasil studi, ternyata juga ada kaitan erat antara kekurangan Vitamin D dan rambut rontok. Tapi konsumsi Vitamin D pun harus dalam dosis yang wajar karena kalau berlebihan malah menimbulkan sejumlah efek samping seperti sembelit, mual, muntah, hingga detakan jantung yang meningkat.

Vitamin E

Vitamin ini juga mengandung antioksidan yang berperan signifikan untuk regenerasi sel-sel dalam tubuh termasuk rambut. Pertumbuhan rambut jadi lebih subur karena kulit kepala dialiri sirkulasi darah yang lancar.

biji kemiri alia oil

Rambut kita membutuhkan asupan nutrisi yang tepat, termasuk berbagai jenis vitamin. Kandungan Vitamin A, B3, B5, B7, B9, B12, C, D, dan E yang mencukupi bakal berkhasiat dalam mempengaruhi kesuburan dan kesehatan rambut. Perhatikanlah asupan nutrisi dari vitamin-vitamin tersebut jika ingin menghindari atau mengatasi kerontokan rambut.