Enggan Berjilbab Takut Rambut Rontok? Ini Cara Manjur Mengatasinya

Disadari atau tidak, terjadilah pergeseran penyebutan dan penggunaan jilbab menjadi hijab. Mulanya dari kain kerudung penutup rambut/ kepala yang hanya menyisakan bagian wajah, lalu bergeser menjadi busana yang merupakan perpaduan beberapa potong kain panjang membalut nyaris seluruh tubuh dan tetap yang paling mencolok di bagian kepala. Tinggal di wilayah tropis yang makin tak jelas kondisi cuacanya menciptakan level tantangan baru bagi mereka yang berhijab. Bukan lagi tantangan batin untuk disiplin menjaga aurat, namun sudah meningkat jadi pengalaman mempertahankan diri dari gerahnya kulit kepala dan rambut karena ditutupi kain selama berjam-jam, atau katakanlah nyaris sepanjang hari.

Bukan rahasia lagi jika banyak wanita yang mengenakan busana kain penutup ini kerap mengeluhkan kerontokan rambut. Dilema yang dihadapi adalah tidak mungkin melepas jilbab di tengah publik, sementara kulit kepala sudah gatal-gatal dan mulai banyak rambut yang rontok. Ya, benar. Mau pakai atau tidak pakai jilbab itu urusan pribadi Anda. Dan paling bagus ialah mencari jalan tengah yang bakal tetap membuat Anda nyaman mengenakan jilbab atau hijab tanpa khawatir membotak sebelum jadi nenek-nenek.

PENYEBAB RAMBUT RONTOK PADA WANITA BERJILBAB

Kerontokan rambut yang diderita oleh para pemakai jilbab menandakan ada yang tak beres dengan kualitas kulit kepala dan rambutnya. Buktinya, masih banyak tuh yang baik-baik saja selama mengenakan jilbab dan bisa tampil memukau saat melepas penutup kepala di depan pasangan halal mereka. Beberapa hal di bawah ini kemungkinan besar merupakan penyebab masalah kerontokan itu.

FAKTOR HORMON DAN GIZI

Faktor yang sangat mutlak dalam menentukan kualitas rambut karena buruknya hormon dan asupan gizi juga memicu kerontokan. Masalahnya lagi, sudah berisiko kerontokan namun tetap memaksakan bertahan mengenakan jilbab dalam waktu lama bakal lebih memperparah kerontokan rambut.

SALAH PRODUK PERAWATAN

Sering tergoda oleh iklan mbak-mbak berjilbab dan nampak oke-oke saja dengan rambutnya lalu mengikuti pemakaian produk perawatan rambut yang belum tentu bakal cocok. Contoh yang sama juga kerap dialami mereka yang tak berjilbab dan sering asal pakai produk gara-gara mudah terpengaruh iklan.

KUALITAS KAIN

minyak kemiri penumbuh rambut berjilbabSebetulnya kecil sekali pengaruh dari faktor ini. Namun bersamaan dengan beberapa faktor sebelumnya, kondisi kulit kepala bisa semakin memburuk akibat kualitas kain jilbab yang terlalu tebal. Kondisi serupa bisa Anda bandingkan dengan bahan kain baju yang terlalu tebal atau buruk dan menimbulkan gerah.

CARA MERAWAT SUPAYA TIDAK RONTOK

Nah, bagi Anda yang jauh di lubuk hati merasa enggan berjilbab karena khawatir rambut rontok, ada beberapa tips di bawah ini yang wajib diketahui.

TINGKATKAN KUALITAS GIZI

Atasi masalah kerontokan rambut akibat mengenakan jilbab terlalu lama dengan meningkatkan kualitas gizi. Mengubahnya secara mendasar adalah poin utama dan bakal memudahkan perawatan optimal. Sejumlah asupan gizi penting untuk mengatasi kerontokan rambut ini adalah protein, asam lemak omega-3, MSM (Metil Sulfonyl Metana), Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E, dan zat besi.

PILIH PRODUK ALAMI

minyak kemiri murni Alia OilGunakan hanya bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut. Dengan bahan alami bisa dicegah efek samping yang sekiranya memperburuk akibat pemakaian produk yang belum tentu cocok dengan tipe rambut Anda. Minyak kemiri adalah resep terbaik mengatasi kerontokan rambut khususnya bagi wanita berjilbab.

MENGENAKAN JILBAB BERBAHAN TERBAIK

Keputusan pribadi Anda sendiri dalam memilih bahan kain untuk jilbab yang selain nampak keren tentu harus nyaman. Tapi selain faktor kenyamanan itu, cermati pula apakah memang bakal aman bagi kualitas kesehatan kulit kepala dan rambut.

Mengenakan jilbab kalau ceroboh berpotensi menimbulkan kerontokan rambut. Atasilah gangguan tersebut sebelum terlambat dengan mengenali berbagai penyebab dan solusinya. Harus dari peningkatan kualitas gizi, perawatan alami, dan mengenakannya secara tepat.