Apakah Mencuci Rambut Setiap Hari Memicu Kerontokan Rambut?

masalah kerontokan

Apakah mencuci rambut setiap hari memicu kerontokan rambut?

Tidak.

Keramas setiap hari mungkin membuat kita menyaksikan banyaknya rambut yang rontok setiap hari pula. Tapi selama Anda sehat, rambut rontok yang Anda temukan saat keramas adalah rambut yang memang sudah saatnya pergi. Jangan khawatir, rambut baru yang lebih sehat sudah siap menggantikannya.

Mirip seperti kita yang mengalami pergantian tahun dan dalam setiap tahun kita melalui beberapa musim — musim panas, musim hujan, dan musim durian — folikel rambut juga mengalami siklus dan dalam setiap siklusnya, ia melalui beberapa fase. Tidak setiap folikel melalui fase yang sama pada waktu yang sama. Jadi mereka seperti bekerja bergantian dalam memproduksi rambut.

memahami kerontokan rambut

Mari kita kenali setiap fasenya.

ANAGEN

Fase di mana folikel menumbuhkan rambut tanpa henti. Di kulit kepala, fase ini pada umumnya berlangsung selama 2-10 tahun.

CATAGEN

Fase transisi di mana produktifitas folikel mulai menurun dan pertumbuhan rambut melambat atau bahkan berhenti. Berlangsung selama 1-2 minggu.

TELOGEN

Fase di mana folikel rambut benar-benar berhenti bekerja dan rambut yang berakar di dalamnya tidak bertambah panjang (kami menyebutnya sebagai ‘rambut mati‘). Fase ini berlangsung selama 5-6 minggu. Setelah itu folikel rambut kembali ke fase anagen, di mana rambut yang baru diproduksi. Pada saat inilah rambut yang lama harus meninggalkan folikelnya karena didorong oleh rambut yang baru. Tapi tak jarang rambut mati pergi oleh sebab lain seperti menyisir atau mencuci rambut.

Rambut bisa rontok sebanyak 100 helai setiap hari dan ini normal bagi kebanyakan orang. Tak sedikit memang yang mengalami kerontokan lebih hebat dari itu dan berakhir pada kebotakan (androgenetic alopecia), tapi inipun bukan karena keramas setiap hari.

Mencuci rambut setiap hari mungkin dapat menyebabkan rambut kering atau rusak, tapi tidak menyebabkan kerontokan apalagi kebotakan.

Rambut terasa kering setelah keramas? Mungkin Anda perlu ganti shampoo. Bekali diri dahulu dengan ilmu seputar shampoo dari kami!

Tanggapan Anda